Memperkenalkan Jill Stein Dan Gary Johnson, Dua Calon Kandidat Presiden Amerika Yang Kurang Dikenal!

Tahun 2016 memang merupakan tahun yang suram bagi beberapa warga Amerika khususnya bagi mereka pendukung Hillary Clinton yang belum bisa move on. Menurut saya, warga Indonesia hanya mengenal dua calon kandidat presiden yang terkenal saja, yaitu Trump dan Hillary. Nah, supaya kamu tahu siapa saja yang sebenarnya menjadi calon kandidat presiden pada pemilihan presiden Amerika tahun 2016, maka saya akan memberi tahu beberapa informasi yang saya dapat mengenai Jill Stein dan Gary Johnson.

Jill Stein

Jill Stein
Jill Ellen Stein yang lahir pada tanggal 15 mei, 1950 merupakan seorang dokter, aktivis, dan politikus. Ia merupakan kandidat calon presiden yang bernaung dalam Green Party, sebuah third party di amerika serikat. Green Party merupakan "partai kecil" yang berbasiskan environmentalism, non-kekerasan, keadilan sosial, demokrasi partisipatoris akar rumput, emansipasi, perjuangan hak LGBT, dan anti-rasisme. Jill pernah menyalonkan sebagai presiden Amerika pada tahun 2012 namun sayangnya ia gagal. Pasalnya, ia hanya mendapat sekitar 469,015 atau 0.36% dukungan dari warga AS. Dengan niat yang kuat dan pantang menyerah, ia menyalonkan sebagai presiden lagi pada tahun 2016. Sepertinya nasib sial selalu menimpanya karena ia selalu gagal menjadi presiden, tetapi ada peningkatan yang signifikan pada jumlah dukungannya. Ia mendapatkan sekitar 1.200.000 atau 0.98% dukungan dari warga Amerika Serikat pada tahun 2016. Jill telah membuat program untuk menarik warga untuk memilihnya sebagai presiden, program yang ia buat pada tahun 2016 adalah sebagai berikut:
  • A Green New Deal
  • Jobs as a Right
  • End Poverty
  • Health Care as a Right
  • Education as a Right
  • A Just Economy
  • Protect Mother Earth
  • Racial Justice Now
  • Freedom and Equality
  • Justice for All
  • Peace and Human Rights
  • Empower the People
Inti dari semua program tersebut adalah untuk meningkatkan lapangan kerja, dengan fokus di bidang energi yang dapat diperbarui sebelum tahun 2030, serta investasi pada public transit, agrikultura, dan konservasi, sesuai cita-cita Green Party. Stein menganggap pekerjaan, pendidikan, dan jaminan kesehatan sebagai hak wajib semua orang, dan Stein juga bercita-cita mengakhiri kemiskinan dengan menjamin hak asasi ekonomi. Stein juga memperjuangkan keadilan sosial, perdamaian, dan hak asasi manusia. Stein bercita-cita menghilangkan segala bentuk diskriminasi, termasuk atas kaum LGBT, wanita, maupun ras tertentu. Stein ingin kembali "merebut" hak konstitusional, menutup Penjara Guantanamo, melegalisasi marijuana/hemp,  dan menghentikan segala bentuk intervensi militer AS di luar negeri, termasuk terhadap Ukraina. Dengan program yang menyakinkan tersebut, ia didukung oleh tokoh ternama seperti:
  • Patch Adams
  • Medea Benjamin
  • Jimmy Dore
  • Chris Hedges
  • Marc Lamont Hill
  • Ray McGovern
  • Viggo Mortensen
  • Susan Sarandon
  • Kshama Sawant
  • Bryan Danielson
  • Cornel West
Jill pernah membuat pernyataan yang menghebohkan. Sebagai presiden, Jill Stein akan mengampuni Edward Snowden dan bahkan menjadikan Snowden sebagai bagian dari kabinetnya. Stein menentang privatisasi sekolah, Obamacare, dan bahkan kebijakan-kebijakan militer Israel. Stein juga ingin menghapuskan segala bentuk utan pelajar.

Sejarah Kampanye Pemilu Jill


Calon Kandidat Gubernur Massachusetts Pada Tahun 2002

Jill merupakan calon kandidat gubernur Massachusetts pada tahun 2002 dan berakhir pada peringkat ketiga dari 5 calon dengan 76,530 atau 3.5% pendukung. Setelah performa debatnya mendapatkan ulasan atau nilainya yang bagus, pendukung calon demokrat membeli hak situs jillstein.org. 

Calon Kandidat DPR Massachusetts Pada Tahun 2004

Stein menyalonkan menjadi perwakilan negara pada tahun 2004 untuk 9th Middlesex District, yang termasuk bagian dari Waltham dan Lexington. Ia mendapatkan 3.911 atau 21.3% pendukung dalam three-way-race, dikalahkan oleh Thams M.Stanley.

Calon Kandidat Sekretaris Commonwealth Di Massachusetts Pada Tahun 2006

Dia dinobatkan menjadi sekretaris Commonwealth. Dalam two-way race dengan Bill Galvin, Jill mendapatkan 355,511 atau 18% pendukung pada tanggal 4 Maret, 2006. 

Perwakilan Atau Walikota Lexington Pada Tahun 2005 dan 2008

Sebuah kota bernama Lexington di Massachusetts mempunyai pemerintahan bergaya town meeting. Jill terpilih pada maret 2005. Dia meraih peringkat pertama dari 16 kandidat dan menempati kursi ketujuh, ia mendapatkan sekitar 539 atau 20.6% pendukung. Stein terpilih kembali pada tahun 2008, mendapatkan peringkat kedua dari 13 kandidat dan mendapatkan kursi kedelapan. 

Calon Kandidat Gubernur Massachusetts Pada Tahun 2010

Pada tanggal 8 Februari 8, 2010, Stein menyatakan untuk menjadi gubernur Massachusetts. Wakilnya adalah Richard P. Purcell, seorang petugas operasi dari Holyoke. Pada 2 November, Stein meraih peringkat terakhir dengan 32,816 dukungan (1.4%) dari 2,287,427.

Gary Johnson

Gary Johnson
Gary Johnson yang lahir pada tanggal 1 Januari 1953 merupakan seorang politisi dan pengusaha asal Amerika Serikat. Dirinya pernah menjadi Gubernur New Meksiko dari tahun 1995 sampai 2003. Ia juga pernah menjadi calon kandidat presiden 2012 melalui Partai Libertarian. Johnson merupakan penemu salah satu penemu perusahaan konstreuksi terbesar di New Meksiko. Dia bergabung dengan politik untuk yang pertama kalinya dengan menjadi gubernur New Meksiko pada tahun 1994 dengan janji pajak rendah dan anti kekerasan atau kejahatan. Dia mengalahkan Bruce King dengan selisih 10%, Johnson mendapatkan 232,945 dukungan atau 50% sedangkan Bruce hanya mendapatkan 186,686 dukungan atau 40%. Gary menjadi gubernur lagi pada tahun 1998 dengan kemenangan 55%. Di masa pemerintahannya yang kedua, ia fokus dalam isu beasiswa sekolah dan mengampanyekan pelegalan marijuana. Ia  pensiun dari politik pada tahun 2003.

Pada bulan desember 2011, ia mengundurkan diri dari pencalonannya untuk partai republik dan pindah ke partai Libertarian. Ia mendapat 1.3 juta pendukung atau 0.99%. Ia mendapatkan pendukung terbanyak dibandingkan kandidat minor lainnya dan merupakan orang yang paling banyak dipilih dalam sejarah partai libertarian. Gary menyalonkan diri pada tahun 2012 sebagai republik pada Libertarianisme (kebebasan) dengan mengampanyekan masalah utang Amerika Serikat, perang terhadap narkoba, mengganti pajak penghasilan dengan FairTax dan anggaran yang seimbang.

Gary menyalonkan lagi sebagai presiden pada tahun 2016, memenangkan Nominasi Libertarian membuat seorang gubernur Massachusetts bernama William Weld menjadi wakilnya. Gary mendapatkan 4 juta atau 3.3% dukungan dari warga AS, yang termasuk jumlah tertinggi untuk calon kandidat presiden third party sejak 1966. Ia juga mendapatkan dukungan terbanyak dalam sejarah Calon presiden Libretarian.

Gary Johnson dan Jill Stein tidak pernah menjadi presiden Amerika Serikat.
Sekian dari saya, semoga ilmu yang kamu dapatkan bermanfaat. Mohon maaf bila terjadi kesalahan ketik dan penggunaan bahasa yang kurang dimengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar